Senin, 07 Januari 2013

peran humas dalam pemerintahan

Bakohumas

Optimalisasi Peran Humas Pemerintah Dalam Menciptakan Kinerja Pemerintah Yang Optimal
19/11/2012 - Kategori : Bakohumas

PERTEMUAN TAHUNAN BAKOHUMAS TINGKAT NASIONAL DAN LOMBA ANUGERAH MEDIA HUMAS 2012

Optimalisasi Peran Humas Pemerintah Dalam Menciptakan Kinerja Pemerintah Yang Optimal
Dalam rangka Pertemuan Tahunan Bakohumas Tingkat Nasional tahun 2012 dan Lomba Anugerah Media Humas 2012, Selasa sampai Rabu (6-7/11) yang mengusung tema “Optimalisasi Peran Humas Pemerintah Dalam Menciptakan Kinerja Pemerintah Yang Optimal” ini dilakukan di Hotel Aston, Makassar. Hadir Menteri Kominfo, Tifatul Sembiring memberikan sambutan dan Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Freddy H Tulung.
Narasumber dalam acara tersebut menghadirkan Wamen Hukum dan HAM, Denny Indrayana membahas Peran Humas Pemerintah dalam mengkampanyekan Gerakan Anti Korupsi, Peran Kepolisian dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi oleh Direktorat Tipikor Bareskrim Polri, Kombes.Pol Erwanto Kurniadi, Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR sebagai Ketua Perhumas, membahas Kemitraan antara pemangku kepentingan dan humas pemerintah dalam diseminasi informasi, Wamen Pertahanan, Letjen Sjafrie Sjamsoeddin membahas tentang RUU Keamanan Nasional Melindungi Kepentingan Nasional, Dir. Pemberitaan Metro TV, Tommy Suryopratomo membahas Mengkomunikasikan Kebijakan Publik, Suahasil Nazara sebagai Koordinator Pokja Kebijakan membahas Penanggulangan Kemiskinan dan Penguatan Peran (TKPK), pada hari berikutnya Diskusi panel dan tanya jawab oleh Prof. Rhenald Kasali, Ph.D memberikan materi tentang Winner or Loser.
Menurut Prita, ”Kehadiran Humas dibutuhkan terutama dalam rangka mendiseminasi berbagai informasi publik yaitu semua informasi yang memang wajib disampaikan badan publik (lembaga pemerintah) kepada masyarakat”. Lanjut Prita, untuk menjalankan tugas secara profesional maka ada berbagai faktor yang turut mendukung kelancaran tugas seorang Humas antara lain: memahami cara berkomunikasi yang baik; memahami budaya birokrasi dan juga memahami adat istiadat masyarakat setempat, dimana Humas bertugas.

Erwanto mengungkapkan Pemberantasan korupsi tidak mungkin dilakukan sendirian tanpa upaya saling mendukung dan sinergitas seluruh komponen bangsa dengan disertai komitmen yang kuat untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang bebas korupsi.
Dikatakan Freddy H. Tulung, ”Dimanapun pejabat Humas bertugas dapat memberikan manfaat dan nilai tambah kepada lingkungannya, itulah tugas yang paling utama dari Pejabat Humas”. Beberapa isu strategis yang harus kita tindaklanjuti dari hasil pertemuan Bakohumas nasional ini antara lain: Pertama, penguatan peran, tugas dan fungsi kehumasan pemerintah baik secara regulasi, kelembagaan maupun substansi dalam mendukung diseminasi informasi kepada pemangku kepentingan dalam konteks yang lebih luas humas pemerintah harus dapat beradaptasi akan penerapan keterbukaan komunikasi publik, isu-isu strategis yang harus segera kita bersama realisasikan antara lain perlu dilakukan pemetaan kelembagaan humas; kedua, bakohumas dan terutama teman-teman yang mewakili humas-humas Pemerintah daerah; Ketiga, kapasitas Sumber Daya Manusia Kehumasan itu sendiri.
Lanjutnya, yang kurang dari Humas sekarang adalah bagaimana memanfaatkan humas yang bisa memperkaya nuansa komunikasi kita di ruang publik dapat menjadi salah satu kelembagaan yang ikut berkontribusi didalam memperkaya ketersediaan konten-kontens yang berbasis edukatif, berbasis pencerahan (Lightment) dan pemberdayaan masyarakat. Ia pun menyampaikan harapannya saat menutup acara Pertemuan Tahunan Bakohumas Tingkat Nasional, Rabu (7/11) semoga memberikan hasil yang optimal. (Dian NK)


Pusat Data Statistik dan Informasi
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Gedung Mina Bahari I lantai 3A
JL. Medan Merdeka Timur No.16
Jakarta Pusat 10110
Telp. (021) 3519070 ext. 7440
Fax. (021) 3519133

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Apik nih info-infonya !!! Yang bikin akunnya juga apik...hahaha!

    BalasHapus